- English Club Tampil Memukau dengan Drama Musikal di MATSAMA MAN 5 Bogor
- Seru dan Edukatif! Ekskul KIR Tampilkan Reaksi PeKa dan Game Interaktif di MATSAMA MAN 5 Bogor
- Ekskul Kaligrafi Tampilkan Kegiatan dan Karya Terbaik di MATSAMA MAN 5 Bogor
- 18 Siswa MAN 5 Bogor Lolos ke Tingkat Provinsi dalam Ajang OSN 2025
- Drama “PMR Goes Adventure” Meriahkan Demo Ekskul MATSAMA MAN 5 Bogor 2025
- Ekskul Robotik Unjuk Karya dalam Demo Ekskul MATSAMA MAN 5 Bogor 2025
- KATANYA GURU, KOK GAK MASUK KELAS? (SEBUAH TULISAN OTOKRITIK)
- Apel Pembukaan MATSAMA MAN 5 Bogor Tahun Ajaran 2025/2026 Berlangsung Khidmat
- MENJADI GURU ADALAH PANGGILAN HATI, BUKAN SEKADAR PROFESI
- PRA MATSAMA MAN 5 BOGOR: Langkah Awal Menyambut Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2025/2026
Rapat Panitia ASAT MAN 5 Bogor Tahun Pelajaran 2024/2025: Matangkan Persiapan, Perkuat Kolaborasi

Keterangan Gambar : Rapat Panitia Asesmen Sumatif Akhir Tahun Pelajaran 2024-2025
Parung Panjang, Selasa, 20 Mei 2025 – Menjelang pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) untuk tahun pelajaran 2024/2025, MAN 5 Bogor menyelenggarakan rapat koordinasi panitia ASAT pada hari Selasa, 20 Mei 2025 bertempat di ruang meeting madrasah. Rapat ini dihadiri oleh seluruh guru dan staf yang ditunjuk sebagai panitia pelaksana.
Rapat dibuka dengan pengarahan dari Kepala MAN 5 Bogor, Bapak Safwan Maulana, M.Pd, yang menekankan pentingnya profesionalitas dan kerja sama antar panitia dalam menyukseskan pelaksanaan asesmen. Beliau juga menegaskan bahwa ASAT bukan hanya bentuk evaluasi pembelajaran, tetapi juga bagian dari upaya membangun budaya akademik yang jujur dan bertanggung jawab di lingkungan madrasah. “Mari kita jadikan ASAT ini bukan sekadar kegiatan rutin, tapi juga sebagai momentum untuk menanamkan nilai integritas dan semangat belajar kepada siswa,” ujar Kepala Madrasah dalam sambutannya.
Rapat kemudian dilanjutkan dengan pemaparan agenda utama yang dipandu oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Bapak Indra Parimarma, S.Sos., MM. Beberapa poin penting yang dibahas dalam rapat antara lain:
-
Pembagian Tugas Kepanitiaan
Setiap guru dan staf diberikan tanggung jawab sesuai bidangnya, mulai dari penangungjawab bagian kolektif soal, pengolahan nilai, hingga dokumentasi dan publikasi kegiatan.Baca Lainnya :
- Seleksi Paskibra MAN 5 Bogor: Membangun Jiwa Disiplin, Nasionalis, dan Tangguh0
- MAN 5 Bogor Laksanakan Kegiatan Pembiasaan Upacara Bendera Rutin0
- Tasyakuran Kelulusan Kelas XII MAN 5 Bogor Berlangsung Khidmat dan Penuh Syukur0
- Rapat Panitia Tasyakuran Kelulusan Kelas XII MAN 5 Bogor: Sepakati Konsep Sederhana namun Bermakna0
- MAN 5 Bogor Berduka, Kelulusan Kelas XII Tahun Pelajaran 2024/2025 Tidak 100%0
-
Penentuan Aturan Penyusunan Kisi-Kisi dan Soal
Disepakati bahwa komposisi soal ASAT harus mengacu pada standar kompetensi berpikir dengan proporsi sebagai berikut:-
LOT (Lower Order Thinking): 20%
-
MOT (Middle Order Thinking): 30%
-
HOTS (Higher Order Thinking Skills): 50%
Jumlah soal untuk setiap mata pelajaran ditetapkan sebanyak 40 butir soal, terdiri dari 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian (esai).
-
-
Ketentuan Penyerahan Kisi-Kisi dan Soal
Semua guru mata pelajaran wajib menyerahkan kisi-kisi, soal, dan kunci jawaban kepada panitia paling lambat tanggal 28 Mei 2025.
Dokumen tersebut harus diserahkan dalam dua bentuk:-
Soft file melalui media digital (whatsapp/email)
-
Hard file yang dicetak pada kertas A4, menggunakan font Times New Roman, size 12, spasi 1.5
-
-
Penetapan Jadwal ASAT
Pelaksanaan ASAT Tahun Pelajaran 2024/2025 ditetapkan berlangsung selama enam hari, yaitu pada tanggal:-
2, 3, 4, 5, 11, 12, dan 13 Juni 2025
-
Melalui rapat ini, seluruh panitia menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama secara optimal dalam menyukseskan pelaksanaan ASAT. Rapat ditutup dengan sesi tanya jawab dan klarifikasi teknis agar tidak terjadi miskomunikasi dalam pelaksanaan kegiatan.
Dengan terbangunnya koordinasi yang baik dan jelasnya aturan teknis, MAN 5 Bogor optimis bahwa pelaksanaan ASAT 2024/2025 akan berjalan tertib, objektif, dan penuh integritas. Diharapkan hasil asesmen ini dapat menjadi tolok ukur yang valid dalam menilai capaian pembelajaran siswa serta bahan evaluasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. (humas)