ESKUL ROBOTIK MAN 5 BOGOR LATIH KETERAMPILAN DIGITAL MELALUI PRAKTIK SIMULASI LAMPU LALU LINTAS

By Jubaedah Syu\\ 08 Nov 2025, 09:57:42 WIB Extra Kulikuler
ESKUL ROBOTIK MAN 5 BOGOR LATIH KETERAMPILAN DIGITAL MELALUI PRAKTIK SIMULASI LAMPU LALU LINTAS

Keterangan Gambar : Ekstrakurikuler latih simulasi lampu lalu lintas di labkom sementara. (07/11/2025)


Parung Panjang, 7 November 2025 — Ekstrakurikuler Robotik MAN 5 Bogor kembali melaksanakan kegiatan rutinnya pada Jumat, 7 November 2025. Bertempat di Laboratorium Komputer MAN 5 Bogor, kegiatan ini diikuti oleh seluruh BPH dan anggota Robotik dengan antusiasme tinggi.

Materi kegiatan kali ini berfokus pada praktik pembuatan sistem lampu lalu lintas menggunakan aplikasi Wokwi, yang dipandu oleh Rasya Adli Khairullah selaku pemateri. Dalam sesi ini, para anggota belajar menyusun program simulasi sederhana yang mengatur nyala lampu merah, kuning, dan hijau layaknya sistem lalu lintas di dunia nyata.

Kegiatan berlangsung dalam suasana aktif dan edukatif. Para anggota berlatih langsung mengetik kode di komputer sambil memahami logika dasar pemrograman elektronik. Selain meningkatkan keterampilan berpikir logis dan kreatif, kegiatan ini juga memperkenalkan peserta pada dunia simulasi robotika digital yang semakin relevan di era teknologi modern.

Baca Lainnya :

Menurut kesan dari BPH, kegiatan ini menjadi pengalaman menarik yang mendorong anggota untuk lebih percaya diri dalam mengaplikasikan materi yang telah dipelajari. Selain itu, latihan ini juga melatih kedisiplinan, ketelitian, serta kemandirian dalam menggunakan perangkat teknologi.

Kegiatan rutin ini merupakan salah satu bentuk penguatan kegiatan kokurikuler di MAN 5 Bogor yang bertujuan mengembangkan potensi siswa di bidang sains dan teknologi, serta membekali mereka dengan keterampilan abad ke-21.

Redaksi: Humas MAN 5 Bogor

Tim Peliput: Jurnalistik MAN 5 Bogor (Pewarta: Anisa Tri Novianti & Dokumentasi: Sintya Agustin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment