- MAN 5 Bogor Terbitkan Surat Edaran Klarifikasi Terkait Informasi PIP yang Beredar di Media Sosial
- Classmeet 2025 (Sporia Fest) Hari Ke-6: Semifinal dan Final Voli Putra-Putri Sukses Digelar
- Pemeliharaan dan Pemindahan Alat Laboratorium IPA Jelang Renovasi Ruang Lab. IPA
- KIR MAN 5 Bogor Ikuti Kegiatan SIBER KIR di SMAN 3 Tangerang
- MAN 5 Bogor Gelar Wisata Religi dalam Rangka Milad ke-30
- Pramuka MAN 5 Bogor Lakukan Pengecatan Tongkat untuk Persiapan “Kerang Arena Season 2”
- CLASSMEET 2025 (Sporia Fest) Hari Ke-4
- MAN 5 Bogor Gelar Classmeet 2025 “Sporia Fest” dengan Beragam Lomba Seru
- Rapat Koordinasi Renovasi Gedung MAN 5 Bogor Bersama Tim Kontraktor PUPR
- Ragam Produk Kokurikuler Lintas Mata Pelajaran MAN 5 Bogor Dipasarkan
MAN 5 Bogor Gelar Tutorial Upload Nilai ke Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM)

Keterangan Gambar : Tampilan Laman Login Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) MAN 5 Bogor Tahun Ajaran 2024-2025
MAN 5 Bogor, 6 Desember 2024 – Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum MAN 5 Bogor, Indra Parimarma, S.Sos., M.M., memberikan tutorial unggah nilai ke aplikasi Rapor Digital Madrasah bagi seluruh guru. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari tindak lanjut setelah pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS)/Penilaian Akhir Semester (PAS).
Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) adalah sebuah platform digital yang dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk memfasilitasi pengelolaan rapor siswa di madrasah secara terintegrasi dan efisien.
Aplikasi ini dirancang untuk mendukung proses input, pengolahan, dan pelaporan nilai siswa sesuai dengan kurikulum yang berlaku di madrasah, baik kurikulum nasional maupun kurikulum khas madrasah. Dengan RDM, guru dapat dengan mudah mengunggah nilai, mencetak rapor, dan memonitor perkembangan akademik siswa dalam satu sistem digital yang terpadu.
Baca Lainnya :
- Guru Bahasa Arab MAN 5 Bogor Dampingi Siswa Susulan Asesmen Sumatif Tahun Ajaran 2024-20250
- Memanfaatkan Jadwal Susulan ASAS/PAS, Guru MAN 5 Bogor Mengikuti Pelatihan KTI Pintar Kemenag0
- RAPAT PERSIAPAN GELAR KARYA P5RA MAN 5 BOGOR: PEMBAGIAN TUGAS DAN PENENTUAN PENANGGUNG JAWAB0
- SERAH TERIMA PROGRAM BERASRAMA PERIODE NOVEMBER 2024: PENUTUP PERIODE TERAKHIR TAHUN INI0
- Kepala MAN 5 Bogor Terima Kunjungan Media Portal: Jalin Kerja Sama Pengadaan Papan Informasi Edukati0
Dengan RDM, diharapkan madrasah dapat meningkatkan efisiensi administrasi akademik sekaligus memastikan transparansi dalam proses penilaian.
Tutorial unggah nilai ke RDM ini disampaikan secara langsung dengan tujuan memudahkan para guru dalam mengunggah nilai siswa secara tepat dan efisien. Dalam kesempatan tersebut, Indra juga menjelaskan langkah-langkah unggah nilai secara rinci dan membagikan screenshot tutorial melalui grup WhatsApp guru MAN 5 Bogor.
“Dengan adanya tutorial ini, kami berharap para guru dapat lebih mudah memahami alur unggah nilai di aplikasi Rapor Digital Madrasah. Kami juga menyadari pentingnya panduan visual untuk mempermudah rekan-rekan guru dalam mengingat langkah-langkahnya,” ujar Indra.
Ada 8 langkah sebagaimana tertera pada gambar. Dan sebelum login aplikasi, harus memastikan terlebih dahulu koneksi internet dengan stabil.
1. Login RDM Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024-2025
2. Klik kelas yang diampu
3. Klik Bobot Nilai
4. Pastikan Jumlah Jam dan Bobot 2:1 dan Save
5. Klik Menu Penilaian, Klik Sumatif
6. Klik Tambah
7. Isikan TP/LM ke1 (misalnya) lanjut Isi Ringkasan TP/LM 1 dan Lanjut Isi Nilai persiswa, dan Save
8. Setelah Semua TP dalam Sumatif terisi, kemudian klik SAS, diisi nilai persiswa lalu Save dan kirim




Para guru memberikan respons positif atas inisiatif ini. Panduan yang disampaikan dengan jelas, disertai dokumentasi berupa screenshot, sangat membantu mereka dalam memahami prosesnya.
“Kami sangat terbantu dengan tutorial ini. Penjelasan Pak Indra sangat jelas, ditambah screenshot yang bisa kami lihat kapan saja melalui grup WhatsApp,” ujar salah satu guru.
Kegiatan ini mencerminkan komitmen MAN 5 Bogor untuk terus mendukung inovasi teknologi dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pengelolaan nilai siswa. [Jube]

.jpg)








